Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gapura Gang Kini Tidak Seindah Dulu

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 28 Februari 2017 - 22:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gapura merupakan struktur yang biasanya digunakan sebagai pintu masuk atau gerbang menuju suatu kawasan. Dalam perkembangannya, fungsi gapura semakin terpinggirkan. Bahkan, gapura cenderung jarang dilirik sebagai bagian dari nilai estetika keindahan perkotaan.

Warga Kelurahan Baru, Gusti Muhammad Yusuf, menilai saat ini gapura yang berada dikawasan jantung kota sudah kehilangan makna filosofisnya. Berbeda dengan dulu, pemerintah daerah melalui lurah dan kepala desa bersinergi dengan masyarakat berlomba-lomba membangun gapura di tiap gang. Mereka menghias gapura dengan ornamen kedaerahan yang menjadi jati diri daerah tersebut.

"Lihat saja gapura di tiap gang yang berada di jalan protokol Pangeran Antasari, PRA Kusuma Yuda, hingga Hasanudin, tidak ada lagi yang bagus, bahkan tidak terawat," beber Usuf.

Hal ini berbeda dengan kawasan Madurejo dan Sidorejo. Gapura di dua kelurahan itu dibangun dengan indahnya.

Ia berharap, pembangunan yang berjalan saat ini juga harus diimbangi dengan pembangunan gapura. Ia melihat pembangunan di kawasan perkotaan adalah pembangunan egois, gedung perkantoran dan hotel megah di samping gang-gang dibangun, namun tidak memperhatikan estetika keindahan.

Ia berharap, perencanaan penataan kota agar dibenahi dengan mempercantik gapura-gapura di perkotaan, ia meyakini hal itu dapat menjadi nilai plus sebuah kawasan perkotaan yang berbudaya dan bakal menjadi ikon Kotawaringin Barat. "Kalau gapura dibangun dengan beratapkan sirap dengan lukisan ukiran bernuansa etnik dan dibangun di setiap gang tentu Kobar akan semakin manis," harap Yusuf. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru