Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua PWI Katingan: Wartawan Harus Profesional

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 Maret 2017 - 11:23 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Katingan Aris Munandar menegaskan, menjadi seorang wartawan harus profesional.

Menurutnya, selama ini ia tidak pernah mengintervensi terhadap wartawan yang bertugas di kabupaten berjuluk Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

"Terus terang saya selaku Ketua PWI di Katingan, tak pernah mengintervensi kawan-kawan seprofesi. Tapi, saya hanya mengingatkan ketika membuat berita agar menyajikan dengan berimbang," kata Aris saat acara coffee morning bersama Kapolres Katingan AKBP Tato P Suyono dan jajarannya, Senin (6/3/2017).

Dalam kesempatan itu Aris menyarankan kepada wartawan yang belum tergabung di dalam satu organisasi kewartawanan agar ikut bergabung dengan organisasi wartawan, misalnya PWI, AJI, IJTI maupun organisasi wartawan lainnya yang diakui pemerintah.

"Karena jika sudah masuk salah satu organisasi profesi, bila ada satu masalah di kemudian hari akan bisa dilindungi oleh Undang-Undang Pers," katanya.

Apalagi, sambung dia, wartawan sekarang tidak hanya mengantongi kartu pers dari tempatnya bekerja atau kartu organisasi seperti PWI saja, namun juga sudah banyak yang mengantongi kartu kompetensi setelah lulus dari uji kompetensi wartawan (UKW), sehingga yang bersaangkutan dinilai betul-betul sudah menjadi wartawan profesional. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru