Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Harus Segera Rapat Bahas Anggaran Bencana Banjir Aruta

  • Oleh Cecep Herdi
  • 06 Maret 2017 - 14:44 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kobar diminnta segera menggelar rapat teknis untuk membahas anggaran dalam penanganan dan penanggulangan banjir. "Kami berharap Pemkab segera rapat teknis untuk menaikkan status kondisi banjir di Kecamatan Arut Utara, apakah sudah masuk bencana, karena berkaitan dengan anggaran penanggulangan bencana," kata Ketua DPRD Kobar Triyanto, Senin (6/3/2017).

Menurutnya, jika level status banjir di Arut Utara jelas, maka bisa menggunakan anggaran yang telah disiapkan untuk lebih maksimal lagi membantu masyarakat yang terkena banjir.

Sebab status bencana ada tahapan dan kelasnya, "Kita harus lebih bijak menangani banjir di Aruta karena luapan Sungai Arut sudah meluas di semua desa di sana," ujarnya.

Dia menegaskan, jangka pendek yang harus dilakukan yakni bagaimana korban banjir mendapatkan bantuan. Jangan sampai ada yang telantar dan ada desa desa yang terisolasi. "Bantuan harus sampai ke semua desa sampai desa desa yang saat ini terisolir," kata Triyanto.

Untuk jangka panjangnya, menurut Triyanto, Pemkab Kobar harus membuat perencanaan yang jelas mengatasi banjir di Aruta yang terjadi setiap tahunnya.

Kepala BPBD Kobar, Hermon F Lion menegaskan banjir Aruta sudah masuk status darurat. "Iya statusnya sudah darurat," akunya. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru