Aplikasi Software Pilkada Terbaik di Indonesia

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Pusat Bernilai Ratusan Miliar Rupiah untuk PDAM Kotim Belum Termanfaatkan Maksimal, Ini Sebabnya...

  • Oleh Naco
  • 08 Maret 2017 - 13:43 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah bantuan peralatan jaringan dari Pemerintah Pusat yang total nilainya mencapai ratusan miliar rupiah untuk PDAM Dharma Tirta Kotim namun ternyata belum berfungsi secara maksimal. 

Menurut Direktur PDAM Dharma Tirta Kotim Firdaus Herman Ranggan, Rabu (8/3/2017), hal itu terjadi karena masih adanya keterbatasan listrik dari PLN.

Dikatakan Firdaus jaringan untuk di daerah sebagian besar sudah terpasang setelah dapat bantuan dari pemerintah pusat. Akan tetapi PLN belum siap, seperti di Desa Lubuk Ranggan, Kecamatan Cempaga, desa Kuala Kuayan Kecamatan Mentaya Hulu, Desa Terantang Kecamatan Seranau, Kelurahan Kota Besi dan Desa Kandan Kecamatan Kota Besi, serta di Samuda Kecamatan Mentaya Hilir Selatan sehingga banyak yang hanya jaringan terbangun saja akan tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal.

"Sementara untuk dalam kota sebagian besar sudah teratasi, meskipun pemasangan jaringan akan dilakukan secara terus menerus. Karena jika ada kompleks baru akan masuk lagi jaringannya," ujar Firdaus.

Sedangkan untuk jaringan induk di Sampit sudah selesai, di mana dibangun menyesuaikan dengan perkembangan penduduk saat ini.  "Di dalaam kota sudah aman 60 persen lebih tersalur meski dengan kondisi yang seperti ini," ujar Firdaus.

Pembangunan fasilitas PDAM selama ini terlaksana dengan baik karena ada suntikan bantuan dari Pemerintah Pusat. Untuk bantuan pusat selama ia menjabat sebagai kepala PDAM menurutnya nilainya mencapai hingga ratusan miliar rupiah.

Dari itu ia juga berharap bantuan Pemerintah Daerah bisa diimbangi dengan kebutuhan PDAM agar jaringan yang ada bisa dimanfaatkan secara maksimal. (NACO/B-5)

Berita Terbaru