Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Mekanisme yang Harus Ditempuh Calon Pencari Kerja di Luar Daerah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Maret 2017 - 17:08 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Bima Eka Wardana meminta warga yang ingin mencari kerja di luar daerah agar mencari informasi terlebih dulu.

'Informasi itu utama saat ingin mencari pekerjaan. Bisa dicari informasi ke dinas tenaga kerja wilayahnya masing-masing," kata Bima.

Selain itu dia menerangkan, untuk mencari kerja di luar daerah atau luar negeri ada mekanismenya, salah satunya akad. Namun selama ini tidak banyak masyrakat yang tahu. Bahkan sebagian menanggap itu merepotkan. Sehingga terkadang mereka tersesat dan menjadi korban pencaloan.

'Padalah mekanisme tersebut merupakan salah satu cara mengantisipasi praktik penipuan calo tenaga kerja," tegas Bima,

Bima tidak ingin ada warga Kotim maupun dari daerah luar yang tertipu oleh calo perekrut tenaga kerja. Sehingga bagi yang ingin benar-benar bekerja dengan baik, diharapkan menjalankan mekanisme tersebut.

'Jangan menyusahkan diri sendiri, jadi harus tahu kejelasannya. Apa yang akan dikerjakan dan apa memang benarkah di daerah tujuan tersebut ada lowongan pekerjaan. Untuk mengetahui itu, maka jalankanlah mekanisme yang ada,' terang Bima. (MUHAMMAD HAMIM/)

Berita Terbaru