Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau: Satu Pun Tidak Ada Pengusaha Walet Bayar Pajak

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 14 Maret 2017 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Marukan meluapkan kekecewaannya saat mengetahui selama tahun 2016 lalu, tak ada satu pun pengusaha sarang walet yang membayar pajak penangkaran.

"Tentu sangat kecewa, karena ternyata kesadaran pengusaha walet untuk bayar pajak sangat rendah. Padahal perdanya sudah ada," kata Marukan, Selasa (14/3/2017).

Marukan mengatakan, pengusaha walet harusnya dapat membantu daerah dengan menyumbang PAD dari sektor pajak penangkaran walet.

"Selama ini kan ternyata nihil. Mereka tidak ada satu pun yang bayar pajak. Kondisi ini sangat kita sayangkan. Padahal jumlah rumah penangkaran walet di Lamandau sudah mencapai lebih dari 115 gedung. Dan sekitar 70 persennya justru milik orang luar yang berinvestasi di sini," kata dia.

Selain itu, Marukan juga menyoroti persoalan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) walet yang juga disinyalir banyak pengusaha walet hingga kini tidak mengantongi izin tersebut.

"Tentu kondisi ini akan menjadi prioritas ke depan. Izinnya kita tertibkan. Intinya, apapun jenis usaha yang digeluti tentu kami pemerintah akan mendukung, tapi jangan lupa ikuti ketentuannya dan juga bayar pajaknya," kata dia.(HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru