Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Katingan Harap Pemda Bangunkan Sirkuit Balap Motor Permanen

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 Maret 2017 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warga Kabupaten Katingan, terutama kawula muda berharap pemerintah daerah bisa membangunkan sirkuit balap motor yang permanen. Pasalnya, setiap kali ada even balap motor, sejauh ini panitia selalu menggunakan jalan umum/raya, seperti jalan Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Katingan, yang dijadikan sirkuit non permanen 'Bundaran Durian'.

"Sebab kalau misalnya ada bangunan sirkuit khusus, maka masyarakat, khususnya anak-anak muda yang hobi balap motor bisa menyalurkan hobinya itu balapan di sirkuit," ujar Andi, salah seorang pemuda warga Kasongan, Kamis (16/3/2017).

Dengan adanya sirkuit khusus atau permanen ini, anak-anak muda yang ingin menyalurkan bakat dan minatnya, itu tidak lagi kebut-kebutan di jalan raya umum.

Pasalnya, jika harus kebut-kebutan di jalan umum, selain membahayakan diri sendiri juga mengancam nyawa orang lain. Pasalnya saat kebut-kebutan itu laju kendaraan cukup kencang, dan jika terjadi sesuatu dan lain hal bisa saja akan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya terjadi kevelakaan lalulintas.

"Terus kalau misalnya ada even di sirkuit non permanen, maka sudah barang tentu tingkat keamanan sirkuitnya kan berbeda dengan yang sirkuit permanen, sebab biasanya penonton cukup dekat dengan trek balap, sementara pengaman atau pembatas terbatas, ini juga membahayakan," katanya.

Untuk itu sudah saatnya Kabupaten Katingan memiliki sirkuit khusus/permanen ini. "Masih banyak lahan kosong di sekitar Kota Kasongan ini, yang lebih sip menurut saya kalau pemerintah memang berniat membangun sirkuit bisa di sekitar obyek wisata Bukit Batu, sebab di sana pemandangan alamnya cukup indah, mirip dengan sirkuit Balipat Banung Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan," imbuhnya.

Terpisah, Koordinator Pelaksana (Korlap) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Katingan, Wawan mengatakan jika pihaknya bakal menggelar Motorprix Putaran I bertajuk Bupati Open race di sirkuit non permanen Bundaran Durian 1-2 April 2017 mendatang. "Kalau harapan kita kedepannya Katingan ini punya sirkuit khusus yang permanen agar setiap even tidak lagi menggunakan jalan raya," katanya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru