Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara Budidayakan Tanaman Hidroponik

  • Oleh Budi Yulianto
  • 19 Maret 2017 - 13:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Budidaya tanaman Hidroponik lebih mudah ketimbang konvensional. Selain itu juga lebih menghasilkan. Bahkan area lahan sempit bisa dimanfaatkan untuk membudidayakan tanaman dengan cara hidroponik.

"Rido, warga yang mebudidaya tanaman hidroponik di Palangka Raya mengatakan, langkah awal membudidayakan tanaman adalah proses penyemaian.

Yakni, menggunakan sebuah busa atau rockwool kemudian ditata rapi dengan pada tempat. Lalu perlahan bagian tengah rockwool itu diberi lubang kecil untuk kemudian dimasukan biji tanaman. Rockwool tersebut sudah dalam kondisi basah dan diberi nutrisi.

'Sekitar satu minggu kemudian, kita pindah ke proses media tanam. Kira-kira satu bulan kemudian bisa panen,' ungkap Rido.

Menurut Rido, air dalam tanaman Hidroponik tidak perlu diganti. Justru ditambah sesuai dengan kebutuhan tanaman. Jika tanaman tumbuh subur dan tidak lama lagi dipanen, kadang membutuhkan 8 liter air yang telah dicampur nutrisi.

Dalam prosesnya, juga membutuhkan sebuah mesin akuarium supaya air bisa mengaliri semua tanaman. Kemudian dalam menanam, tumbuhan juga diberi kain flanel diletakan pada bagian mangkok kecil yang fungsinya agar nutrisi dalam air dapat diserap tumbuhan itu.

'Jadi ini sama sekali tidak menggunakan tanah. Tapi murni memakai air yang sudah terkandung nutrinya,' jelasnya. (BUDI YULIANTO)

Berita Terbaru