Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Penerima Program Jamban Sehat Turun 50 Persen

  • Oleh Norhasanah
  • 20 Maret 2017 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Jumlah penerima program jamban sehat bagi masyarakat di Kabupaten Sukamara yang belum memiliki WC pribadi mengalami penurunan mencapai 50 persen, di mana tahun sebelumnya jumlah penerima mencapai 300 rumah tangga kini hanya 150 rumah saja.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemungkiman (Perkim) Sukamara Arif Rahman Hakim mengatakan, penurunan tersebut memang cukup memperlambat program mereka yakni Kabupaten Sukamara bebas dari Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

'Meskipun jumlah rumah tangga yang menerima sedikit berkurang, namun kita tetap akan melaksanakan program dengan sebaik mungkin agar apa yang direncanakan tetap berjalan sesuai harapan,' ucap Rahman, Senin (20/3/2017).

Menurut Rahman, bantuan pembuatan jamban untuk 150 rumah tangga tersebut akan dilaksanakan di dua desa, yakni di Pudu dan Kartamulia, Kecamatan Sukamara.

Sedangkan untuk desa lainnya akan dilaksanakan secara bergilir atau bertahap di tahun yang akan datang.

'Desa tersebut memang merupakan wilayah yang penduduknya masih jarang memiliki WC pribadi sehingga budaya BAB sembarangan masih terjadi,' ungkapnya.

Ia  berharap dengan adanya bantuan WC tersebut dapat mengatasi masalah BAB sembarangan yang saat ini masih terjadi di Sukamara.

'Kita akan terus upayakan menghilangkan kebiasaan masyarakat tersebut, hingga wilayah kita benar-benar bebas dari BAB sembarangan,' tegasnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru