Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

'Petani Karet Jangan Mau Dipermainkan Tengkulak

  • Oleh Supri Adi
  • 22 Maret 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Petani karet di Kabupaten Murung Raya (Mura) diminta jangan mau dipermainkan tengkulak atau pengepul. Terutama dalam hal menetapkan harga jual karet.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanik) Kabupaten Mura Yanette Sarah mengatakan, ada berbagai cara agar petani bisa mengetahui harga jual karet resmi yang sudah ditetapkan.

"Salah satunya, sekarang petani bisa mengecek harga karet lewat SMS (short message service) ke nomor 999250 dan tentu dikenakan biaya kirim," ungkap Yanette, Rabu (22/3/2017).

Disampaikan juga, untuk harga jual karet (bokar) di Kalteng, termasuk di Kabupaten Murung Raya, dipatok sama dengan di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

"Harga di Murung Raya berpatokan dengan Pontianak. Setiap hari bisa dicek harga ter-update di pabrik. Harga tentu tidak mesti sama, berdasar kadar kering karet (K3)," tambah Yanette.

Dengan adanya informasi via SMS tersebut, paling tidak para petani bisa menghitung berapa harga seharusnya yang dipatok oleh tengkulak. (SUPRIADI/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru