Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wow.. Jumlah Produksi Jagung Barito Utara Nomor Satu di Kalteng

  • Oleh Ramadani
  • 22 Maret 2017 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara Nadalsyah bersama jajaran DPRD, Kodim 1013/Muara Teweh, Camat Gunung Timang, Kapolsek, Koramil, dan kelompok tani, mengadakan panen jagung bersama di lahan pertanian masyarakat di Desa Batu Raya II, Kecamatan Gunung Timang, Rabu (22/3/2017).

Pada saat panen, Bupati memberikan motivasi kepada masyarakat, khususnya petani, supaya tetap semangat mengembangkan lahan pertanian, termasuk perkebunan jagung. Bahkan ia menyebut jagung saat ini menjadi andalan masyarakat menghadapi menurunnya harga karet dunia. Bahkan informasi dari kepala Dinas Pertanian, jumlah produksi jagung di Barito Utara nomor satu di Provinsi Kalimantan Tengah.

Bupati Nadalsyah mengatakan, sangat mengapresiasi kegigihan dan peran serta masyarakat dalam mengembangkan budidaya jagung. 'Semua ini terbukti. Baru saja kita bersama melaksanakan panen jagung secara simbolis dari 60 hektare lahan jagung yang ada. Ini merupakan wujud keberhasilan petani dan prospek yang perlu dipertahankan serta di tingkatkan,' ujar orang nomor satu di Barito Utara ini.

Ke depan, setelah mengkaji secara matang strategi untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani, Pemkab Barito Utara akan mengajak pihak ketiga yaitu Perusda Batara Menbangun untuk bersama mengelola dan mengembangkan pertanian secara propesional. Tentunya dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan.

'Petani nantinya akan bekerja di lahan sendiri dan akan digaji oleh perusda kemudian kelebihan hasil panen petani bisa ditabung,' ungkapnya di depan warga.

Disampaikannya juga, untuk penyediaan bibit akan disiapkan oleh Perusda Batara Membangun. Demikian pula dengan penumpukan hasil panen. Sehingga saat penjualan hasil panen, pendapatan hasil petani akan meningkatkan.

'Jalan menuju lahan pertanian yang masih setapak nantinya juga akan diperbaiki oleh pihak perusda. Namun Jalan tersebut mutlak milik masyarakat, dan secara otomatis segala permohonan petani akan peralatan pertanian terbantu dalam pelaksanaannya.' (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru