Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelucuan Stand Up Comedy Kini Ada Padanannya dalam Bahasa Indonesia

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Maret 2017 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ada suatu acara komedi yang dilombakan disebut dengan Stand Up Comedy. Dalam acara ini seseorang berdiri di panggung sendirian dan melontarkan lelucon kepada penonton. Kelucuan ini kemudian populer dan merambah hingga ke daerah-daerah. Anak-anak muda bahkan membuat komunitas khusus untuk bertukar pikiran dan pengalaman untuk mendalami kegiatan ini.

Namun untuk diketahui, frasa Stand Up Comedy kini telah diterjemahkan dan memiliki padanan fras dalam Bahasa Indonesia. Demikian penjelasan Basori, Penyuluh Bahasa pada Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (28/3/2017).

"Komedi Tunggal. Frase ini muncul untuk menggantikan frasa stand up comedy yang sebenarnya kalau dialihbahasakan menjadi komedi berdiri," ungkap pria yang juga akrab disapa Tjak Bas ini.

Beberapa ahli bahasa, media, penulis, wartawan, dan pengguna bahasa lainnya menurut Tjak Bas sudah menggunakan kata-kata baru ini. Baik dalam profesi ataupun keseharian.

"Kita kapan Mari cintai Bahasa Indonesia, seperti janji pemuda kita tahun 1928," kata Tjak Bas mengajak. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru