Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Hal Ini Bisa Picu Inflasi Lebih Tinggi di Kalimantan Tengah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Maret 2017 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Inflasi seolah menjadi momok menakutkan bagi pemerintah daerah. Sampai-sampai dalam High Level Meeting (HLM) di ruang Betang Hapakat Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Tengah, Rabu (29/3/2017) dibahas apa saja hal-hal yang bisa menarik inflasi menjadi semakin tinggi.

Wuryanto, Kepala Perwakilan BI Kalteng menyebut setidaknya ada empat hal yang bisa mengakibatkan inflasi. "Pertama, defisit beberapa komoditas pangan utama seperti ayam ras, bawang merah dan cabai yang tampaknya masih akan terjadi di 2017," ungkap Wuryanto dalam kegiatan bertajuk "Langkah Antisipatif Pengendalian Inflasi Provinsi Kalteng di Tengah Potensi Kemarau Panjang dan Tren Kenaikan Harga Energi 2017" ini.

Kedua, hal yang dapat menarik inflasi menjadi semakin tinggi menurutnya ialah masih rendahnya kualitas infrastruktur logistik yang mayoritas jalan masih berkelas 3A di Kalimantan Tengah.

Ketiga, risiko penyesuaian tarif seperti BBM, tarif listrik 900 VA dan biaya STNK di tahun 2017."Keempat ialah masih panjangnya rantai distribusi beberapa komoditas kebutuhan bahan makanan seperti bawang merah dan cabai yang masih kita datangkan dari Jawa," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru