Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fenomena Hujan Es, Bagaimana Kemungkinan di Sampit dan Sekitarnya

  • Oleh Noor Annisa
  • 29 Maret 2017 - 14:34 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Terjadi fenomena hujan es di sebagian wilayah Jakarta dan Jawa Barat, belum lama ini. Bagaimana kemungkinanannya dengan di Sampit dan daerah sekitarnya Ini penjelasan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pos Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan.

'Untuk terjadinya hujan es di sampit itu kemungkinanya sangat kecil sekali karena Sampit masih masuk daerah equator dan dataran rendah,' terang Nur setiawan, Rabu (29/3/2017).

Dijelaskannya, terjadinya hujan es bisa dikarenakan aliran kencang ke atas (vertical) di dalam awan disebabkan benturan angin laut dengan aliran angin gunung. Aliran sedemikian kuat dapat menembus lapisan udara bersuhu negatif atau lapisan freezing level sehingga membentuk es. Untuk  wilayah Jakarta sendiri ada beberapa gunung, berbeda dengan Kotim Khususnya Kota Sampit yang berada di dataran rendah dan tidak memiliki gunung.

Ditambahkannya, fenomena hujan es juga umum terjadi di lintang tinggi karena lapisan freezing level rendah. Awan yang dapat menembus lapisan udara bersuhu negatif atau freezing level adalah awan cumulonimbus, sedangkan Kota Sampit berada di lintang yang rendah karena berada dekat dengan garis Khatulistiwa. Sehingga kemungkinan terjadinya hujan es sangat kecil.

Dikatakannya, pada masa peralihan sering terjadi fenomena hujan es di wilayah kota pesisir yang di dekatnya terdapat pegunungan. Pada masa peralihan musim angin berhembus tidak ke satu arah dominan dan sering terjadi peraduan atau benturan angin antar lapisan.

'Dari hasil statistik pengamatan satelit ditemukan bahwa pembentukan awan akan lebih banyak terjadi di wilayah pesisir dibandingkan di lautan atau di tengah daratan,' tutupnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru