Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wow, 2.500 Ekor Sapi di Kotawaringin Barat Ditargetkan Bunting

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 Maret 2017 - 13:58 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 2.500 ekor sapi di kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tahun ini ditargetkan bunting. Ini merupakan bagian dari program yang sedang dicanangkan Kementerian Pertanian mellaui Dirjen Peternakan tahun 2017.

Program yang diberinama Upaya Khusus, Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) ini merupakan upaya meningkatkan populasi sapi di berbagai daerah di Indonesia.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kobar Rosihan Pribadi menjelaskan, dengan program ini diupayakan agar indukan sapi yang terdapat disentra peternakan bisa bunting dan menghasilkan pedet atau anak sapi. "Sebenarnya untuk Provinsi Kalteng tiap kabupaten ditargetkan sebanyak 2.000 ekor yang berhasil dibuntingkan dengan cara kawin suntik atau inseminasi buatan (IB)," jelasnya.

Khusus Kabupaten Kobar, lantaran pembuahan dengan cara IB sudah dilakukan pada ternak sapi sejak beberapa tahun lalu, maka targetnya ditambah. "Berdasarkan data yang kita miliki sebanyak 2.543ekor sapi siap diberikan IB. Mulai awal April tahun ini kita akan mulai melakukan IB," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru