Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerugian yang Dialami Korban Kebakaran di Jl HM Arsyad Rp300 Juta

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 April 2017 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran sebuah rumah di Jl HM Arsyad Km 1,5, Sampit, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), yang menimpa keluarga Haji Lukman kerugiannya mencapai Rp300 juta.

Kerugian sebesar itu dialami, akibat hampir semua harta bendanya seperti mobil pikap carry dan juga uang puluhan juta miliknya dan leluarga ikut terbakar.

"Kerugian yang dialamai korban mencapai Rp300 juta, karena hanya sedikit saja harta benda yang berhasil diselamatkan," ujar Kapolsek Ketapang Kompol Purwanto Hari Subekti, Senin (3/4/2017).

Barang berhaga yang berhasil diselamatkan hanya sebuah televisi, sofa, sejumlah pakaian, sebuah mobil honda jazz, dan juga motor. Sedangkan yang lainnya hangus terbakar bersama rumah tersebut.

Di mana dari keterangan korban, untuk uang yang ikut terbakar diperkirakan mencapai Rp53 juta. Dengan rincian uang Lukman sendiri sekitar Rp3 juta, uang ibunya yang merupakan hasil menagih utang sekitar Rp30 juta, dan uang adiknya yang merupakan hasil berjualan dalam bebrapa waktu sekitar Rp20 juta. Duit sebanyak itu disimpan mereka masing-masih dalam tas dan lemari di kamar rumah tersebut.

"Kalu untuk pikap harganya sekitar Rp100 juta lebih. Selain pikap dan uang, BPKB dua buah mobil dan juga motor hangus terbakar," kata Lukman.

Sementara, kebakaran tersebut terjadi bermula ketika korban bersama istri, ibu, dan adiknya pulang dari berjualan bawang dan lauk pauk di Pasar Mangkikit atau dikenal dengan Pasar Subuh.

Sesampainya dirumah, mereka kecapean dan masing-masing masuk ke dalam kamar untuk tidur.

Lalu sekitar pukul 11.30 WIB, datang seorang laki-laki menggunakan baju pegawai negeri sipil (PNS) dengan berteriak bahwa ada api di bagian belakang rumah tersebut, sambil menggedor pintu rumah korban.

Hal itupun membuat para korban terbangun dan langsung menyelamatkan diri keluar rumah.

"Saat itu ibu saya tidur di belakang, beruntung dia sempat menyelamatkan diri dan tidak sempat dijatuhi kayu bagian atap yang terbakar," kata Lukman.

Setelah menyelamatkan diri, sejumlah warga lain yang melihat langsung berupaya memadamkan api tersebut, bahkan empat buah pemadam kebakaran dan juga sebuah mobil damkar dari Kecamatan Mentawa Baru Ketapang langsung datang ketempat itu.

Apipun berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.50 WIB. Dan saat ini polisi masih melakukan olah TKP di tempat tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru