Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Menyesuaikan, Kinerja SOPD Berjalan Lambat

  • Oleh James Donny
  • 04 April 2017 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Penyesuaian satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) dinilai sebagai salah satu faktor yang memperlambat kinerja SOPD. Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau Diharyo.

"Lambatnya kineja SOPD ini kita pertanyakan, dan dari jawaban yang kita peroleh, diantara SOPD yang ada masih harus menyesuaikan, apa lagi dengan adanya SOPD yang baru," ujar Diharyo kepada Borneonews, Selasa (4/4/2017).

Ia mengatakan program pemerintah daerah melalui SOPD saat ini sudah berjalan dan harus segera ditindaklanjuti dengan melakukan realisasi sebagaimana yang diharapkan. SOPD sudah mendapatkan tugasnya dan fungsinya masing-masing setelah terbentuk. "Dari SOPD sendiri mengaku jika keterbatasan SDM menjadi kendala demikian juga kondisi fasilitas yang masih sangat minim," terang Diharyo.

Akibat keterbatasan tersebut, menurut politisi PKB, telah berakibat pada tugas dan fungsi SOPD tersebut tidak jalan maksimal sampai sekarang, khususnya untuk SOPD yang baru terbetuk. Demikian juga dengan Dinas Perhubungan kata dia masih harus melakukan penyesuaian. Dari keterbatasan-keterbatansan itu menurutnya capaian kinerja pada triwulan satu ini sangat rendah.

"Untuk mengatasi kekurangan SDM tersebut SOPD mengangkat tenaga kontrak, karena menurut mereka ini sangat diperlukan, dan tentunya kita dari DPRD akan membantu pada pelaksanaan anggaran perubahan, karena tenaga kontrak ini sebagai salah satu solusi kalau tidak ada pengakatan pegawai baru," ujar Diharyo.Tenaga PNS yang ada kata dia sangat terbatas sementara sangat dibutuhkan untuk mengefektif kinerja dinas. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru