Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bank Sampah di Jalan Tidar Sampit ini Sudah Tiga Bulan Tidak Beroperasi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 April 2017 - 15:03 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bank sampah di Jalan Tidar, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tidak beroperasi sejak tiga bulan terakhir.

Pengelola Bank Sampah, Masgajalba, Rabu (5/4/2017), mengatakan, penyebab tidak beroperasinya bank sampah adalah nasabah yang mulai berkuran, dan tidak adanya pekerja di sana. Sehingga mesin untuk pelebur sampah tidak ada yang mengoperasikan.

"Saat ini tidak ada pekerjanya, selain itu untuk mesin pelebur juga bermasalah. Sehingga bank sampah ini tidak dapat beroperasi," ujar Masgajalba.

Bermasalahnya mesin pelebur tersebut dikarenakan tidak bisa dipakai cukup lama. Karena hanya bisa dioperasikan selama dua jam saja. Kalau dipaksakan maka mesin alat tersebut akan jebol dan rusak. Hal tersebut terjadi akibat ada kesalahan pemasangan dan juga penggunaan mesin yang kapasitasnya terlalu besar.

Selain mesin yang bermasalah, tidak adanya angkutan untuk mengambil sampah dari para nasabah dan langganan di rumah-rumah juga salah satu kendala dalam menjalankan bank sampah tersebut.

"Yang pasti masalahnya adalah tenaga kerja, pengoperasian mesin pelebur sampah, dan juga kendaraan mengambil sampah kepada nasabah," kata Gajalba.

Walaupun begitu, saat ini untuk tabungan sampah masih bisa berjalan. Dan warga masih ada yang mengantar ke bank sampah ditempat tersebut. Namun tidak sebanyak saat masih ada angkutan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru