Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Calon Jemaah Haji Diminta Berhenti Merokok

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 April 2017 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Petugas dari tim kesehatan jemaah haji daerah meminta calon jemaah haji asal Lamandau berhenti dari kebiasaan merokok.

Permintaan tersebut seperti diungkapkan petugas sistem informasi komputerisasi kesehatan (Siskokes) haji Lamandau, Gusti Firdaus, saat memberi arahan dalam sosiaslisasi kesehatan untuk jemaah calon haji Lamandau, di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lamandau, Kamis (6/4/2017).

"Bagi siapa saja yang termasuk perokok, mulai sekarang saya sarankan untuk meninggalkan kebisaan tersebut, karena rokok memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan seperti halnya penyakit paru-paru," katanya.

Firdaus menyebut, secara umum jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci harus memenuhi syarat kesehatan, jasmani maupun rohani.

"Ya, minimal khusus untuk niat berhaji ini, yang biasa merokok berhenti dululah. Biar jasmaninya sehat dan segar, paru-paru kita sehat, karena nanti saat ibadah itu banyak aktivitas fisiknya. Nanti kita akan menyesal kalau paru-paru kita bermasalah, ibadah haji kita terganggu," ujarnya.

"Selain kesiapan batin, ibadah haji itu identik dengan ibadah yang harus ditopang penuh dengan kesiapan fisik, seperti halnya tawaf hingga perjalanan kaki dari Bukit Safa dan Marwa yang jaraknya mencapai sekitar 3,2 kilometer. Makanya ayo mulai biasakan olahraga," tandasnya. (HENDI NURFALAH/B-10)

Berita Terbaru