Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Bendungan Sakata Juri Harus Disterilkan

  • 16 April 2017 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Bendungan Sakata Juri yang berlokasi di Kurun Seberang, Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas akan dikembangkan menjadi obyek wisata. Terkait hal itu, masyarakat berharap air sungai dibendungan bisa disterilkan karena kondisinya saat ini sangat keruh.

"Saat ini kan air sungai dibendungan Sakata Juri keruh akibat penambangan emas dan kagiatan lainnya. Bila direncanakan menjadi obyek wisata, air nya harus jernih," kata, Surianto, 45, warga Kuala Kurun kepada Borneonews, Minggu (16/4/2017).

Menurut dia, saat ini masih ada masyarakat yang menambang emas maupun pasir di sungai yang mengalir ke Bendungan Sakata Juri. Selain itu, tidak jauh dari bendungan ada perkebunan kelapa sawit milik perusahan besar swasta (PBS).

"Pemerintah harus serius menjaga kawasan Bendungan Sakata Juri, supaya jangan sampai tercemar," ucap dia.

Warga lainnya, Riani, 27, menuturkan, saat ini Bendungam Sakata Juri berfungsi untuk mengairi lahan pertanian. Selain itu, untuk mengisi air kolam balai benih ikan (BBI) milik Pemkab Gunung Mas dan kolam masyarakat.

"Sebagai masyarakat sangat setuju Bendungan Sakata Juri dikembangkan menjadi obyek wisata. Namun jangam sampai mengganggu fungsi utama dari bendungan itu," cetusnya. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru