Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng: WTP Memang harus Dikejar, tapi Bukan Hal Utama

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 16 April 2017 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Opini tertinggi dalam pengelolaan keuangan daerah dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI adalah wajar tanpa pengecualian (WTP). Namun Gubernur Kalimantan tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengingatkan, sering terjadi banyak kepala daerah berlomba meraih predikat WTP, namun lupa di dalamnya masih banyak yang bobrok bahkan bersarang korupsi.

Justru menurutnya, yang penting bagi organisasi pemerintah daerah adalah tidak lupa tujuan utama yaitu membuat sejahtera masyarakatnya dari alokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan mengelola jangan sampai salah urus uang rakyat.

'WTP memang harus dikejar, tetapi bukan hal utama. Yang jauh lebih penting adalah kesejahteraan rakyat kita supaya meningkat. Jangan sampai raih WTP, tetapi dalamnya bobrok,' terang Gubernur kepada Borneonews, Minggu (16/4/2017).

Karena itu, ia meminta aparatur pemerintahan terutama di Inspektorat Kalteng dan Badan Keuangan Daerah untuk memaksimalkan monitoring penggunaan uang daerah, dalam rangka menyelamatkan uang negara atau daerah, baik proyek APBD maupun APBN.

'Setiap tetes anggaran harus dipertanggungjawabkan dan harus sampai untuk pelaksanaan pembangunan yang bermanfaat bagi daerah dan rakyatnya. Saya minta badan pengawas keuangan dan pembangunan (BPKP) Kalteng yang membantu Pemprov maupun Pemkab/Pemko, jangan ragu memberi saran kepada gubernur dan jangan yang baik-baiknya saja,'katanya. (ROZIQIN/B-10)

Berita Terbaru