Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Sudah Salurkan 1000 Kartu Nelayan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 April 2017 - 15:24 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) sudah menyalurkan 1000 kartu nelayan di Kotim.

"Ada 2000 nelayan yang g sudah kami data. Dan yang menerima kartu sudah 1000 orang," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kotim, Jakatan.

Hingga saat ini, dislutkan masih melakukan pendataan warga yang benar-benar berprofesi sebagai nelayan. Targetnya, semua kartu sudah bisa disalurkan dalam kurun waktu dua tahun ke depan.

Kartu nelayan sangat ditunggu-tunggu para pekerja yang menggantungkan mata pencahariannya dari hasil laut. Hal itu dikarenakan banyak manfaatnya. Dan memberikan berbagai kemudahan hingga asuransi.

Apalagi hampir semua nelayan di Kotim merupakan nelayan tradisional. Mereka umumnya menggunakan alat tangkap sederhana dan kapal kecil dengan mesin di bawah 10 gross ton. Sesuai aturan, mereka memang termasuk kategori nelayan yang berhak mendapatkan kartu nelayan.

"Kami ingin memberikan kenyaman bagi para nelayan, sehingga dengan itulah kami berusaha secepat mungkin agar nelayan di Kotim ini bisa semuanya mendapatkan kartu nelayan," kata Jakatan.

Sementara, nelayan di Kotim sendiri terkonsentrasi di kawasan Selatan yang meliputi Kecamatan Teluk Sampit, Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Utara dan Mentaya Hilir Selatan. Konsentrasi terbesar nelayan berada di Kecamatan Teluk Sampit, khususnya di Desa Ujung Pandaran.

"Pembagian kartu nelayan merupakan program rutin kami. Kami memberi pemahaman kepada nelayan tentang manfaat Kartu Nelayan. Mereka sangat antusias, khususnya manfaat asuransinya," terang Jakatan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru