Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Minta Bantu Polda Pecahkan Kasus Peretasan Akun Facebook Pejabat Kotawaringin Barat

  • Oleh Cecep Herdi
  • 21 April 2017 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Pria Premos mengatakan pihaknya kekurangan tenaga IT untuk melacak pelaku pembobol akun facebook kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kobar, Tengku Ali Syahbana.

"Masih proses, Mas, karena IT kita harus minta bantuan Polda," ujar Kapolres Jumat (21/4/2017) sore ini.

Beberapa kasus pembobol akun facebook pejabat dan pengusaha di Kobar belum terpecahkan. Sekitar enam bulan lalu, salah satu akun facebook milik kontraktor asal Kumai, Suran dibobol peretas. Pelaku berhasil menipu beberapa korban yang tidak lain merupakan teman-teman facebook Suran. Para korban mengirimkan sejumlah uang kepada rekening yang dimiliki pelaku.

Baru-baru ini akun facebook TA Syahbana milik Kepala BKPP Kotawaringin Barat, Tengku Ali Syahbana juga dibobol pelaku. Belum diketahui pelaku ini orang yang sama seperti pembobol pejabat lainnya beberapa waktu lalu.

"Sudah dua korban yang transfer ke rekening pelaku, bukti transfernya dikirim ke saya. Rekening banknya ada empat," ujar Ali Syahbana.

Ia mengaku awalnya pelaku melalui pesan facebook meminta enam digit angka yang dikirim oleh facebook ke nomor ponsel miliknya. Tak menaruh curiga ia pun mengirimkan kembali pesan tersebut kepada pelaku. Selang 30 menit, akun facebook TA Syahbana sudah berpindah tangan. Pelaku menguasai sepenuhnya akun dan password facebok tersebut.

"Sampai hari ini juga akun facebook saya masih digunakan pelaku untuk meminta uang ke teman-teman saya," ujarnya

Bahkan, salah satu wartawan media televisi lokal, Nasrudin, juga mendapat pesan dari facebook TA Syahbana yang sudah dikuasi peretas. Dalam pesan facebook tersebut, pelaku meminta sejumlah uang yang dikirimkan melalui transfer rekening bank. (CECEP HERDI/m)

Berita Terbaru