Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Daur Ulang Sampah di Kobar Menjanjikan

  • Oleh Cecep Herdi
  • 25 April 2017 - 21:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) terpilih periode 2017-2022, Nurhidayah mengatakan potensi daur ulang sampah di Bumi Marunting Batu Aji ini sangat menjanjikan. Pasalnya, dari beberapa produk daur ulang sampah yang dihasilkan oleh para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) telah berhasil menembus pasar nasional dan internasional.

"Potensi daur ulang sampah kita ini sangat menjanjikan. Hasil kerajinan tangan yang berbahan limbah, baik kayu atau plastik sungguh bagus dan bisa dijual dengan harga tinggi," ujar Nurhidayah.

Mantan Wakil Ketua I DPRD Kobar ini bahkan ingin mendorong potensi itu ke arah yang lebih baik lagi. "Saya akan programkan proses daur ulang sampah ini. Selain dapat menambah penghasilan ekonomi juga dapat membuka lapangan kerja baru," katanya.

Pelaku UMKM yang sudah eksis mendaur ulang sampah menjadi bahan guna pakai seperti alat-alat dapur, kerajinan, bahkan hingga mainan, sering mengikuti pameran di dalam kota maupun di luar kota.

Peluang tersebut yang ingin dikembangkan oleh politikus Partai Golkar itu. Ia menambahkan, adanya lokasi wisata dan budaya yang terdapat di Kobar juga bisa menjadi magnet untuk memasarkan produk daur ulang itu.

"Kita didukung dengan adanya wisata Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP). Saya kira untuk menembus dan meningkatkan penjualan di pasar internasional tidak sulit, jika produknya bisa bersaing. Jumlah wisatawan asing tiap tahunnya di Kobar banyak. Peluang itu yang harus dimanfaatkan," tegasnya. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru