Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Basarnas Turunkan Helikopter Evakuasi Korban Mobil Masuk Jurang di Katingan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 April 2017 - 23:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Tim Basarnas Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengerahkan satu unit helikopter untuk mengevakuasi korban kecelakaan lalu lintas mobil masuk jurang di wilayah Kabupaten Katingan, Rabu (26/4/2017).

Titik kumpul tim SAR di Lapangan Sanaman Mantikai, Palangka Raya. Petugas sempat kesulitan melakukan evakuasi, khususnya saat hendak menurunkan penerjun ke lokasi kecelakaan. Penyebabnya, lokasi tertutup asap. Helikopter pun sempat holding satu kali, baru kemudian mengevakuasi delapan orang di dalam mobil nahas tersebut.

Aksi itu hanya merupakan simulasi Basarnas Banjarmasin dalam menangani korban kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Katingan, Kalteng.

Kasi Potensi SAR Banjarmasin Robert Sirait mengatakan, simulasi tersebut melibatkan 40 anggota terdiri dari TNI AD, TNI AU, Polres, Polair, BPBD, Tagana, petugas medis dari RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya, Dinas Kesehatan, pramuka, dan pihak lainnya yang tergabung dalam SAR.

'Simulasi kita buat seolah terjadi laka lantas di daerah Katingan. Sebuah mobil dari arah Pangkalan Bun menuju Palangka Raya terperosok masuk jurang dengan jumlah penumpang delapan orang. Semua berhasil dievakuasi menggunakan helikopter Basarnas,' kata Robert.

Dia menuturkan, latihan tersebut dapat memberikan wawasan kepada seluruh perserta. Tujuannya bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mereka bisa menjadi vioner untuk memberikan penanganan lebih cepat sembari menunggu tim SAR Banjarmasin, tiba.

'Di Kalteng juga ada POS SAR yang beralokasi di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. Kita harapkan dengan potensi keahlian yang dimiliki nantinya bisa membantu masyarakat,' ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Pengendali Simulasi Instruktur SAR, Endrow, mengatakan simulasi tersebut menceritakan tentang sebuah mobil travel tujuan Pangkalan Bun-Palangka Raya, oleng lalu masuk ke jurang.

Kemudian, POS SAR Sampit menerima informasi dari Polres Katingan tentang musibah tersebut. Informasi itu lalu dilanjutkan ke SAR Banjarmasin, berikut mengirimkan satu regu tim Rescue yang memiliki kemampuan khusus penanganan korban di jalan raya demi memberikan pertolongan kepada korban.

'Nah di tengah perjalanan, ternyata satu orang kritis. Sehingga memberlukan evakuasi udara agar penanganan medis bisa lebih cepat,' tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru