Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Belum ada Solusi Bagaimana Mengolah Tanah Tanpa Bakar

  • Oleh Cecep Herdi
  • 29 April 2017 - 14:44 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintah daerah hingga saat ini yakni pengolahan tanah yang baik agar panen padi para petani sukses meskipun tanpa dibakar.

"Kami sampai saat ini belum tahu harus bagaimana mengolah tanah yang baik supaya padi tidak gagal panen, pemerintah belum memberikan solusi," ujar Sarkawi ketua RT 7 Desa Tanjung Terantang Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kepada Borneonews, Sabtu (29/4/2017).

Ia menantang pemerintah untuk segera mengeluarkan solusi. Tidak hanya melarang petani membakar lahan. "Setiap kali kami mau menggarap ladang itu suka bingung, harus bagaimana. Kami tebas tanpa bakar itu sulit dan butuh waktu serta biaya. Sedangkan ekonomi kami kempang kempis," kata dia di kediamannya.

Ia mengaku setelah diberlakukannya larangan membakar lahan, baik sari TNI maupun Polri setiap hari berpatroli di desanya untuk memastikn tidak ada petani yang membuka lahan pertanian dengan cara dibakar. "Kami takut yang ada. Berani membakar kami ditangkap dipenjarakan. Sementara solusi dari pemerintah tidak ada. Kami tanya ke tni dan polisi yang patroli juga mereka tidak bisa memberikan solusi," katanya.

Sementata itu, tahun ini musim kemarau diperkirakan akan terjadi mulai dasarian ke lll bulan Juni. Pemkab Kobar bersama instansi terkait juga sudah melakukan rapat kordinasi untuk pencegahan dan kesiap siagaan karhutla.

Namun lagi-lagi, solusi untuk para petani supaya tetap menggarap lahan nampaknya masih ada jalan keluar. (CECEP HERDI)

Berita Terbaru