Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Tingkat III Ajang Prestasi dan Prestise Pramuka Kapuas

  • 30 April 2017 - 13:14 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas mengadakan lomba tingkat (LT) III bagi Regu Penggalang se-Kabupaten Kapuas yang berlangsung selama tiga hari di Bumi Perkemahan Kapuas.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kapuas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Rianova, meminta peserta lomba agar menampilkan secara maksimal seluruh kemampuan, kecakapan dan keterampilan sebagai hasil latihan di Gugus Depan (Gudep) serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

'Lomba tingkat bagi regu penggalang merupakan ajang prestasi dan prestise. Kalian adalah regu-regu terbaik yang telah lolos seleksi LT.I ditingkat Gugus Depan (Gudep). Kali ini kalian mewakili Kwartir Ranting sebagai pemenang LT.II. Nantinya siapapun peraih nilai tertinggi pada LT.III ini satu regu putra dan satu regu putri akan mewakili Kwarcab Kapuas pada LT.IV se Kwartir Daerah Kalimantan Tengah' kata Rianova yang juga Ketua Kwatir Cabang Pramuka Kabupaten Kapuas, Minggu (30/4/2017).

Lebih lanjut Rianova menegaskan, selama tiga hari peserta LT III tinggal di  dalam perkemahan dan dinilai tentang penghayatan dan pengamalan kode kehormatan,  Trisatya dan Darma Pramuka, terutama dalam pelaksanaan ibadah, upacara, kreativitas, disiplin, dan pengabdian masyarakat.

'Tim penilai juga mengamati kemampuan kalian berupa tali temali, semboyan dan isyarat, sandi, P3K, menaksir, penataan perlengkapan, senam pramuka, baris berbaris, yel'yel pramuka, halang rintang, kompas, peta pita dan penghayatan hidup dalam perkemahan, juga life skil berupa kecakapan hidup; memasak, mengenal tanaman, obat tradisonal, manajerial regu, jiwa kewirausahaan serta penguasaan dibidang seni dan budaya," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia LT Marlina Kaspiaty melaporkan, peserta berjumlah 192 Pasukan Penggalang tergabung dalam 24 Regu dari 12 Kwartir Ranting se Kwarcab Kapuas.

Tujuan diadakan lomba selain menyeleksi calon peserta LT.IV juga untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penggalang.

'Sasaran LT III adalah meningkatkan kemampuan mental, fisik dan pengetahuan serta semangatnya untuk maju terus pantang putus asa. Memperoleh tambahan pengalaman keterampilan juga sahabat, kesan yang baik dan memuaskan. Serta meningkatkan disiplin pribadi, tanggung jawab, kesetiaan terhadap regunya, pasukannya, gugusdepan dan organisasi Gerakan Pramuka pada umumnya,' lapor Marlina. (DJIMMY NAPOLEON/B-5)

Berita Terbaru