Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belasan Pemuda Seruyan Dirikan Rumah Seni Tabela Borneo

  • Oleh Parnen
  • 07 Mei 2017 - 12:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Belasan pemuda Seruyan yang tergabung dalam kelompok mahasiswa dari berbagai universitas mendirikan sebuah rumah seni Tabela Borneo. Rumah seni yang beralamat di Jalan Mulyono RT II RW III, Kuala Pembuang, Kecamatan Seruyan Hilir, tiap minggunya menjadi tempat puluhan pelajar menyalurkan kreatifitas seni mulai tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

"Rumah seni Tabela Borneo ini dirikan pada 28 April 2017 lalu. Dimana saat pembentukannya, diprakarsai oleh 19 orang pemuda yang seluruhnya merupakan mahasiswa dengan rata-rata usia 19 tahun," kata Ramadhandy Fitriansyah, Ketua Lembaga Rumah Seni Tabela Borneo, di Kuala Pembuang, Minggu (7/5/2017).

Keberadaan rumah seni itu, lanjut Ramadhandy, di dalamnya mengajarkan kreatifitas seni modern dan tradisional, di antaranya meliputi dance, drama, akustik, vokal, hingga tarian tradisional. Selain itu, anggotanya juga diajarkan penggalian bakat lain berupa pembuatan sejumlah kerajinan tangan hingga pembentukan karakter dan moral seluruh peserta rumah seni.

"Sejak dibentuk sekitar setahun lalu, sekarang jumlah anggota rumah seni Tabela Borneo ini mencapai 54 orang. Anggotanya mulai dari tingkat SD hingga SMA," ujarnya.

Pada awal pembentukan, tambah dia, pendanaan cuma bersumber dari dana patungan bersama belasan mahasiswa lain yang juga merupakan para penekun bidang kesenian.

"Dulu kami patungan dana dengan harapan bagaimana di Seruyan ini bisa berdiri sebuah rumah seni yang khusus menampung para penggiat atau penyuka seni untuk bisa menyalurkan bakatnya secara bersama. Dan rumah seni ini, adalah yang merupakan satu-satunya yang terbentuk di Kalimantan Tengah," ungkapnya. (PARNEN/B-2)

Berita Terbaru