Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Makanan Kedaluwarsa Jelang Ramadan

  • Oleh Cecep Herdi
  • 07 Mei 2017 - 16:48 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Warga Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diminta waspada dan jeli saat berbekanja makanan atau minuman dalam kemasan.

Pasalnya menjelang Ramadan, sering dimanfaatkan sejumlah oknum pengusaha untuk cuci gudang atau barang yang lama belum laku dijual dengan harga miring. Biasanya makanan atau minuman itu sudah mendekati tanggal kedaluwarsa.

"Periksa dulu tanggal kedaluwarsanya saat akan membeli," kata Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Kobar, Eko Lusino, Minggu (7/5/2017).

Jelang Ramadan juga menurut Eko, jumlah penjualan makanan meningkat. Terlebih makanan dalam kemasan yang biasa disuguhkan saat buka puasa atau cemilan.

"Yang menyulitkan kami saat ini, kewenangan untuk merazia atau pengawasan makanan kedaluwarsa sudah diambil alih provinsi. Kami hanya bisa mendampingi jika ada razia makanan," kata dia.

Untuk itu pihaknya meminta masyarakat lebih selektif saat memilih makanan yang dibelinya. Bagi para pengusaha retail baik di pasar tradisional maupun modern juga diimbau untuk tidak menjual barang dagangan yang mendekati masa kedaluwarsa. Karena bisa membahayakan yang mengonsumsinya. (CECEP HERDI/B-11)

Berita Terbaru