Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bakrie Sumatera Plantations Cetak Penjualan Rp1,57 Triliun

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 09 Mei 2017 - 09:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) sepanjang tahun lalu meraih penjualan sebesar Rp1,57 triliun, ditopang komoditas sawit dengan nilai penjualan Rp1,15 triliun dan karet Rp419 miliar.

"Perseroan terus melakukan serangkaian program revitalisasi perkebunan dan fasilitas produksi untuk menjaga produktivitas kebun inti sawit dan karet. Kami bekerja keras mengatasi kondisi air di kebun akibat cuaca ekstrem El-Nino tahun lalu," kata Direktur & Investor Relations UNSP, Andi W Setianto, di Jakarta, Senin (8/5/2017).

Sesuai siklus tahunan, menurut Andi, peningkatan produksi sawit mulai terlihat pada kuartal III tahun lalu dan penurunan produksi sawit inti perseroan sepanjang 2016 akibat El-Nino sesuai rata-rata nasional yakni sebesar 10%,

"Gross profit margin sepanjang 2016 membaik ke 30,4%, dari 25,6% pada 2015. Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) membaik dari level bulanan terendah sebesar US$530 per ton FOB Malaysia pada Januari, ke level tertinggi US$710 pada Desember 2016," papar dia.

Andi menambahkan, dengan disetujuinya reverse stock, perseroan dapat segera melanjutkan proses restrukturisasi utang yang memberikan dampak positif pada berkurangnya beban keuangan, memperkuat arus kas operasional, dan lebih sehatnya struktur permodalan perseroan.

"Dengan lebih banyaknya ketersediaan dana untuk kegiatan operasional kebun dan pabrik, tentu akan meningkatkan lagi produksi sawit dan karet perseroan," ujarnya.

Perseroan telah melakukan inovasi melalui pengembangan bibit unggul yang menghasilkan produksi buah sawit lebih banyak dengan luasan lahan kebun yang sama. Saat ini produktivitas bibit unggul perseroan bisa menghasilkan 35 ton buah sawit per hektare dan ekstraksi CPO 23% atau sekitar 8 ton CPO per hektare per tahun. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru