Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SSMS Sukses Kembangkan Integrasi Sapi Sawit, Tiga Tahun Meningkat Jadi 5.682 Ekor

  • Oleh Cecep Herdi
  • 17 Mei 2017 - 11:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Citra Borneo Indah (CBI) Group milik pengusaha nasional Haji Abdul Rasyid AS sukses mengembangkan program integrasi sapi sawit di PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS). Sejak dimulainya pada 2014 dengan mendatangkan 1.975 ekor sapi jenis Brahman dan bali, kini tiga tahun jumlahnya meningkat menjadi 5.682 ekor.

"Program integrasi yang kami kembangkan ini berhasil. Selain jumlahnya yang terus meningkat, jenisnya juga sekarang tidak hanya Brahman dan sapi Bali. Ada jenis sapi silang atau kawinan dari beberapa jenis," kata Manager Sulung Ranch, Dwi Hartanto, Rabu (17/5/2017).

Program integrasi sapi sawit ini dapat menekan biaya pakan sapi. Sebab dalam program itu terjadi sistem simbiosis mutualisme. Sapi memanfaatkan limbah sawit sebagai pakannya, sedangkan sawit membutuhkan sapi untuk membantu memberantas gulma.

"Banyak keuntungan dan efisiensi yang didapat dari pengembangan program integrasi sapi sawit ini. Contohnya dapat menekan 48% pemberantasan gulma dan menekan biaya pakan untuk sapi," katanya.

Tercatat saat ini, CBI memiliki beberapa jenis sapi yang tengah dikembangkan dalam program tersebut. Di antaranya Brahman, Limosin, Simental, Drught Master, dan Bali.

Ia mengakui, dalam integrasi ini, pakan di luar limbah sawit yang didatangkan dari luar perusahaan yakni pakan tetes, dedak padi, serta ampas singkong hanya 25%. Sisanya 75% dimanfaatkan dari limbah kelapa sawit. (CECEP HERDI/B-6)

Berita Terbaru