Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Panahan Nikmati Air Bersih Hasil Swadaya

  • Oleh Cecep Herdi
  • 21 Mei 2017 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 172 Kepala Keluarga (KK) di Desa Panahan Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) membuktikan jika ada kemauan dan gotong royong akan meinkamti hasil yang baik. Salah satunya seluruh earga desa itu kini sudah menikmati air bersih langsung dari pegunungan.

Bahkan Desa Panahan kini menjadi satu-satunya desa yang telah menggunakan air bersih di Kecamatan terpelosok di Kabupaten Marunting Batu Aji itu. "Air yang ada saat ini diambil dari Bukit Balang yang disalurkan melalui pipa dan ditampung di bak penampungan kemudian di salurkan ke seluruh rumah warga," ujar Kades Panahan, Nina Erpida, Minggu (21/5/2017)

Ia menjelaskan, jarak sumber air dengan perkampungan warga sekitar 7,5 kilometer (km). Jarak sejauh itu awalnya menjdi kendala tidak warga mendapatkan air bersih. Sebab jika terua mengandalkan air sungai, sudah tidak layak konsumsi.

"Akhirnya pada tahun 2016 kami menggunakan anggaran Dana Desa (DD) untuk pembangunan saluran mata air itu. Dan saat ini warga sudah bisa menikmati hasilnya. Tidak perlu lagi ngambil ke sungai. Selain itu air dari bukit itu bersih dan jernih," ujarnya.

Ia mnegaku pembangunan air bersih di desanya dilkukan secara bertahap dari tahun 2016 hingga 2017. "Dua tahapan, pengadaan air bersih ini biayanya mencapai Rp700 juta," tandasnya.

Pada 2017 ini menurut Nina, dilanjutkan pendistribusian ke rumah warga dengan mengunakan pipa yang berkualitas. "Kedepannya, air bersih ini akan dijadikan BUMDes yang resmi sehingga kami ingin memberikan contoh bahwa Dana Desa itu sangat penting dalam pembangunan desa, dan bisa bermanfaat dalam mewujudkan usaha desa," harap dia. (CECEP HERDI/B-8)

Berita Terbaru