Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Sabet Juara 1 Mangaruhi Kategori Putra

  • Oleh Noor Annisa
  • 22 Mei 2017 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kontingan Kabupaten Timur (Kotim) terus menambah raihan juara pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM). Kali ini prestasi ditorehkan peserta lomba mangaruhi dari kategori putra. Di cabang ini, Kotim berhasil meraih juara pertama dengan nilai tertinggi 58 poin. 

Peserta lomba ini terdiri dari dua orang dan saling bekerjasama. Satu orang mangaruhi atau mengambil ikan, dan satu orang lainnya memegang dan membawa tempat ikan. Hal tersebut dilakukan secara bergantian, dengan waktu yang ditentukan panitia.

Tradisi tersebut memiliki pesan, mengambil ikan dengan cara alami tanpa merusak lingkungan seperti menggunakan listrik ataupun bahan kimia lainnya.

"Perlunya tradisi mangaruhi digalakan, sebagai warisan budaya lokal sehingga dimasukan dalam cabang lomba pada FBIM," kata koordinator Lomba Mangaruhi, Alek Harto, Senin (21/5/2017).

Kegiatan lomba yang berlangsung di Taman Miniatur tersebut untuk menyampaikan kepada masyarakat, mengenai tradisi suku dayak di zaman dahulu. Yakni cara mencari ikan di musim kemarau. 

Pada lomba mangaruhi kali ini, penilaian berdasarkan jumlah tangkapan ikan. Jika ikan haruan atau gabus, seekor ikan mendapatkan nilai sebanyak 3 poin. Kemudian jika ikan lele maka mendapat poin 5.

Penilaian tergantung tingkat kesulitan menangkap ikan. Ikan lele yang licin sehingga agak sulit untuk ditangkap, makanya nilai yang diberikan lebih tinggi. (NOOR ANNISA/B-11)

Berita Terbaru