Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Utara Segera Temui Gubernur dan Kementerian ESDM

  • Oleh Ramadani
  • 22 Mei 2017 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Acep Tion berjanji segera menindaklanjuti aspirasi para penambang emas tradisional asal Kecamatan Lahei yang disampaikan dalam peremuan di gedung dewan, Senin (22/5/2017).

Ia menuturkan, dalam waktu dekat dirinya bersama jajaran DPRD Barito Utara akan menemui Gubernur Kalimantan Tengah guna mengkoordinasikan persoalan itu. Tidak hanya menemui gubernur, bila memungkinkan DPRD Barito Utara juga akan mengonsultasikan aspirasi para penambang ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

'Kemungkinan dalam hal ini bukan hanya gubernur yang akan DPRD Barito Utara datangi untuk melakukan koordinasi, melainkan juga Kementerian ESDM,' ucapnya.

Sambil menunggu hasil koordinasi dengan gubernur dan Kementerian ESDM, para penambang diimbau membentuk suatu wadah atau organiasasi berbadan hukum. Melalui organisasi itulah para penambang dan DPRD bisa bersama-sama memperjuangkan aspirasi mereka untuk memperoleh izin pertambangan rakyat.

Acep Tion mengatakan, untuk mengetahui hasil koordinasi DPRD Barito Utara dengan gubernur dan Kementerian ESDM, akan di jadwalkan pertemuan lanjutan. Hal itu dimaksudkan supaya masyarakat mengetahui tentang perizinan dan pertambangan rakyat di Barito Utara.

Ia juga berharap, birokrasi pengurusan izin pertambangan rakyat dapat dipermudah. 'Mengenai RTRWK dan RTRWP, juga menjadi bahan pertimbangan yang menjadi dasar hukum untuk usaha pertambangan rakyat ini,' sebutnya. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru