Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Dituntut Berikan Solusi terkait Larangan Bakar Lahan

  • Oleh Norhasanah
  • 30 Mei 2017 - 21:06 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Masyarakat di Kabupaten Sukamara berharap adanya solusi dari pemerintah terkait larangan membakar hutan dan lahan. Apalagi, masyarakat saat ini masih bekerja dengan bergantung pada hutan dan kebun.

'Kalau memang membakar hutan dan lahan dilarang, harusnya disertasi solusi dengan menyiapkan lapangan pekerjaan selain bertani dan berkebun,' kata Wiwit, warga Kecamatan Permata Kecubung, Selasa (30/5/2017).

Menurutnya, selama ini masyarakat di pelosok seperti Kecamatan Balai Riam dan Permata Kecubung masih bergantung dengan pekerjaan bertani dengan membuka lahan yang ada di hutan. Tetapi semenjak adanya larangan tersebut, mereka menjadi tidak bisa bekerja.

'Kami sekarang sudah tidak berani lagi membakar hutan dan lahan untuk bercocok tanam. Tetapi sekarang malah bingung harus bekerja apa untuk mencari penghasilan,' ucapnya.

Wiwit mengatakan, masyarakat yang bekerja menjadi petani kebanyakan dari masyarakat kurang mampu dan tidak memiliki penghasilan lain. Sehingga dengan tidak lagi mengolah hutan dan lahan, otomatis tidak ada lagi pekerjaan tetap yang bisa memberikan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

'Harapan ini juga sudah kami sampaikan kepada wakil rakyat," katanya. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru