Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Anjurkan Peternak Terapkan Sistem Kandang

  • Oleh Norhasanah
  • 07 Juni 2017 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' DinasKetahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara menganjurkan agar peternak menerapkan sistem kandang terhadap hewan peliharannya, mengingat sistem umbaran atau lepas yang saat ini masih diterapkan menghambat program dari dinas.

Kepala Bidang Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat mengatakan, untuk mengubah pola masyarakat dalam memelihara ternaknya memang butuh kesabaran, mengingat pihaknya sudah berupaya mengingatkan agar peternak menerapkan sistem kandang yang selalu dianjurkan oleh dinas.

'Memang di tempat kita masih ada beberapa peternak yang masih menerapkan sistem lepas atau membiarkan ternak sapinya berkeliaran mencari makan sendiri,' kata Syamsir, Rabu(7/6/2017).

Menurut Syamsir, untuk mengubah pola tersebut memang butuh kesabaran dan ketekunan, mengingat sistem umbaran yang banyak diterapkan oleh peternak di pesisir sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan.

'Untuk mengubah sistem umbaran tersebut, saat ini kita sudah banyak membuat parit dan pagar di beberapa lokasi peternakan yang ada di Sukamara. Dengan tujuan agar sapi-sapi tersebut tidak berkeliaran hingga kejalan dan pemungkiman warga karena selain merusak tanaman milik warga juga bisa membahayakan pengendara,' ucapnya.

Lanjutnya, karena keterbatas anggaran yang dimiliki maka kegiatan tersebut hanya bisa dilakukan secara bertahap menyesuaikan dengan anggaran yang ada, sambil memberikan pemahaman kepada peternak agar mau mengubah kebiasaan melepas ternak sembarangan menjadi dikandangkan. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru