Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lapas Kelas IIB Kapuas Over Kapasitas

  • 11 Juni 2017 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jumlah warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kapuas semakin bertambah, menyebabkan over kapasitas. Saat ini jumlah warga binaan sebanyak 403 orang. Akibatnya setiap blok yang seharusnya hanya dihuni enam orang, terpaksa ditempati 11 orang.

Membeludaknya penghuni Lapas disebabkan adanya tahanan titipan, baik dari kepolisian, kejaksaan,maupun pengadilan. "Saya bilang Lapas kita ini sudah over dosis, di mana daya tampung tidak bisa lagi memuat jumlah warga binaan, baik yang sudah menjalani hukuman hasil persidangan, maupun titipan jaksa, Kejati, polisi, dan pengadilan," ungkap Kepala Lapas Kelas IIB Kapuas Husaini saat dihubungi Borneonews via telepon, Minggu(11/6/2017).

Ia menurutkan, daya tampung Lapas Kapuas maksimal 250 orang. Namun kenyataannya dihuni 403 orang. "Kalau dibilang oever kapasitas wajar saja. Sebab ini sudah melebihi dari jumlah ideal 250 warga binaan. Akibatnya mereka harus tidur berdesak-desakan dalam satu blok."

Belum lagi tahanan asal Kabupaten Pulang Pisau yang saat ini jumlahnya mencapai 50 orang. Akibatnya petugas Lapas harus memaksimalkan kapasitas ruangan yang ada. "Kami selaku pengelola Lapas harus mengatur setiap warga binaan di dalam satu blok, di mana setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri pasti tingkat kriminal meningkat, malah menambah beban daya tampung Lapas Kapuas," sebutnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-3)

Berita Terbaru