Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pulang Pisau Dapat Mesin Panen Padi Modern dari Pemerintah Pusat

  • Oleh James Donny
  • 14 Juni 2017 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Sebagai salah satu wilayah sentra tanaman pangan, Kabupaten Pulang Pisau kembali menerima sejumlah alat mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah pusat.

Alat tersebut yakni sembilan unit komben untuk panen dan lima unit traktor untuk menggarap lahan. Alat-alat tersebut sudah berada di Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau.

Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto mengatakan, alsintan tersebut merupakan bantuan yang disalurkan oleh Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI. "Ini keperluan untuk petani di daerah kita dan sudah ada surat edaran dari dirjen tanaman pangan bahwa mekanisme penyaluran tersebut harus disesuaikan dengan UPJA (Usaha Pelayanan Jasa Alsintan)," kata Slamet, Rabu (14/6/2017).

Saat ini, kata Slamet, masyarakat yang akan menerima bantuan sedang dalam proses pembentukan UPJA. "UPJA ini nantinya yang akan memberikan pelayanan jasa kepada petani, serta untuk mendorong meningkatkan daya saing dalam penanganan hasil panen," jelas Slamet.

Bantuan tersebut, kata dia, akan disalurkan ke wilayah sentra pertanian yang ada di Kabupaten Pulang Pisau. Selain meningkatkan produksi pertanian, dari alat tersebut, kata Slamet, akan ada income bagi UPJA yang ada untuk keperluan operasional, dan nilai tambah untuk pengembagan UPJA. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru