Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

AALI Yakin Sawit Bisa Gantikan Batubara

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 16 Juni 2017 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) optimistis kelapa sawit mampu menggantikan batu bara serta minyak dan gas selaku komoditas unggulan Kalimantan Timur (Kaltim) di masa mendatang.

"Peralihan industri unggulan bukan hal yang tidak mungkin, sebab tingkat konsumsi berbahan baku CPO tergolong tinggi. Produk turunan kelapa sawit itu sudah menjadi kebutuhan primer, sama primernya dengan produk pertambangan dan penggalian, sawit dibutuhkan semua negara," kata Community Development Area Borneo 3 PT Astra Agro Lestari, Sudono, di Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Selain itu, Kaltim juga diuntungkan oleh fakta bahwa komoditas kelapa sawit hanya tumbuh subur di Indonesia dan Malaysia, sehingga dengan permintaan pasar dunia yang tinggi, Indonesia bisa menjadi negara pemasok besar.

Lain halnya dengan komoditas pertambangan dan penggalian. Saat ini sudah banyak negara yang memiliki konsesi pertambangan dan penggalian, yang dapat berdampak pada membludaknya pasokan dunia.

"Jadi sangat memungkinkan industri unggulan Kaltim akan beralih pada sektor perkebunan. Untuk merealisasikan itu, kami upayakan ekstensifikasi, yaitu peningkatan produksi dari areal tanam yang sudah ada," papar Sudono. (NEDELYA RAMADHANI/)

Berita Terbaru