Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Siapkan Dana Rp3,9 Miliar untuk Program Jampersal

  • Oleh Noor Annisa
  • 20 Juni 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menyiapkan dana sebesar Rp3,9 miliar untuk program jaminan persalinan (Jampersal).

Anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut dialokasikan untuk membantu masyarakat kurang mampu yang ada di Kotim dalam proses melahirkan.

"Jampersal berupa pembayaran jasa bidan yang menolong persalinan, biaya transport ibu hamil menuju ke pelayanan kesehatan apabila jauh, jasa medis apabila dirawat di Rumah Sakit," jelas Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Erdiana, Selasa (20/6/2017).

Jampersal tidak hanya menjamin biaya pesalinan, tetapi juga memberikan akses kemudahan bagi ibu hamil yang hendak melahirkan tetapi jauh dari lokasi pelayanan kesehatan.

Untuk mempermudah, Program Jampersal juga menyiapkan Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) yang bisa ditempati atau dipakai untuk ibu hamil yang mendekati masa kelahiran, sehingga lebih dekat menuju tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas ataupun Rumah Sakit.

Jampersal dikhususkan untuk orang masyarakat yang kurang mampu dan tidak memiliki jaminan kesehatan apapun, dan hanya fiperuntukan kepada ibu hamil, bukan penyakit umum lainnya.

"Syaratnya yang bersangkutan mempunyai surat keterangan tidak mampu dan tidak memiliki jaminan kesehatan seperti BPJS, Jamkesda atau lainnya," sebutnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru