Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapal Pesiar L Austral Sandar di Green Buoy Dinihari Nanti

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 26 Juni 2017 - 23:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rombongan Kapal pesiar L Austral milik perusahaan kapal Ponant Perancis yang mengangkut sebanyak 180 orang wisatawan mancanegara (Wisman) dijadwalkan akan merapat di Green Buoy, muara Sungai Buluh, Kecamatan Kumai, dinihari nanti sekitar pukul 04.00 Subuh, Selasa (27/6/2017).

Rencananya, 180 wisatawan mancanegara yang berasal dari Australia dan New Zeland ini akan berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP). Mereka dijadwalkan akan berada di TNTP hingga sore hari dan pada pukul 18.00 Wib mereka sudah berlayar menuju Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur (NTB).

Mengingat kapal L Austral berukuran sangat besar dan tidak mampu untuk bersandar di Pelabuhan Panglima Utar maka seluruh wisatawan akan diangkut menggunakan perahu karet (zodiax) menuju Sungai Buluh besar dan kecil kemudian baru dijemput menggunakan perahu wisata menuju TNTP.

"Pukul 04.00 WIB sudah sandar di Green Buoy, jam 06.00 WIB mereka sudah menuju TNTP dan sore hari kembali karena pukul 18.00 WIB mereka akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Komodo," kata Tour Organizer kapal pesiar L Austral Ahmad Yani, Senin (26/6/2017).

Menurut dia, nantinya para wisatawan mancanegara ini akan disajikan dengan atraksi susur sungai melihat wildlife dan hutan tropik.

Dengan kedatangan ratusan wisatawan mancanegara ke kawasan TNTP ini, Yani berharap agar pemerintah daerah lebih tanggap khususnya memperhatikan alur sungai agar kapal besar dapat masuk ke pelabuhan Kumai dengan tujuan para wisman ini akan lebih lama tinggal di Kumai.

"Selain itu juga berpengaruh pada ekonomi terutama tingkat hunian hotel akan meningkat," harap Ahmad Yani.

Untuk diketahui, pada 2016 kunjungan wisatawan asing ke Kabupaten Kobar mencapai 13.755 wisatawan dengan jumlah wisatawan asing mencapai 8.581 orang atau setara dengan 60% dari total jumlah kunjungan ke Taman Nasional itu.

Dari data Balai Taman Nasional Tanjung Puting diketahui, puncak kedatangan wisatawan mancanegaraterjadi pada Juli hingga Oktober. Untuk wisatawan lokal, berada di awal dan akhir tahun. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru