Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Keramba di Kasongan Enggan Pelihara Ikan Patin

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 Juni 2017 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejauh ini para petani atau pemilik keramba ikan di Sungai Katingan, wilayah Kota Kasongan, tidak membudidayakan ikan jenis patin. Mereka hanya membudidayakan ikan jenis nila dan mas.

Pemilik keramba mengaku, memelihara ikan patin perlu biaya yang tidak sedikit dan agak rumit bila dibandingkan dengan nila atau mas.

"Karena selain tidak tahan dengan kondisi air yang keruh, memelihara ikan patin juga memerlukan biaya lumayan, terutama untuk tempatnya," kata Anang, pemilik keramba ikan di Sungai Katingan, Kamis (29/6/2017).

Untuk memelihara ikan nila atau emas, petani cukup menyediakan kayu reng, papan, dan jaring. Sedangkan untuk memelihara ikan patin perlu kayu atau bambu yang cukup. Pasalnya memelihara patin tidak bisa menggunakan jaring karena akan mengganggu pertumbuhannya, terutama siripnya akan bisa tersangkut pada lubang jaring.

"Kalau nila dan mas kan tempatnya cukup praktis cukup jaring dan kayu saja, tapi kalau patin harus banyak memerlukan kayu atau bambu," katanya.

Faktor lainnya ialah pemasaran ikan patin yang cenderung kalah dengan nila dan mas. Di pasaran, ikan patin dihargai lebih murah jika dibandingkan dengan ikan nila atau mas. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru