Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Barito Selatan Ingatkan Masyarakat Cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan

  • Oleh Uriutu
  • 08 Juli 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Memasuki musim kemarau tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengingatkan masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

'Kita tidak ingin terulang kejadian kabut asap yang melanda daerah Kalteng seperti beberapa tahun lalu,' kata Kepala Pelaksana BPBD Barsel Mandiodi kepada Borneonews, Sabtu (8/7/2017).

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan secara intensif terhadap faktor-faktor yang bisa menyebabkan kebakaran lahan. 'Ini tidak boleh dibiarkan dan kita tahu musim kemarau rawan dengan kebakaran lahan, sehingga harus dicegah sedini mungkin,' tandasnya.

Ia membeberkan, meski belum ada hot spot, pihaknya tetap melakukan pemantauan di beberapa titik di wilayah rawan kebakaran lahan dan hutan. Pasalnya beberapa waktu lalu, sempat terjadi kebakaran kecil, yang menghabiskan lahan dan semak-semak di pinggir jalan negara.

Hal tersebut merupakan salah satu potensi terjadinya kebakaran lahan serta titik panas yang dapat memicu kabut asap. Ia pun mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak membakar lahan. 'Apabila ingin membuka lahan, seharusnya dapat dilaksanakan dengan pembukaan lahan yang terawasi dan berwawasan lingkungan,' tandas dia.

Ia menambahkan, pihaknya telah membentuk tim untuk menanggulangi terjadinya kebakaran lahan. Namun tanpa adanya dukungan serta informasi masyarakat, tentunya tim yang dibentuk akan kesulitan pelaksanaan tugas di lapangan. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru