Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Sempat Kecewa dengan Fakultas Kedokteran UPR

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 23 Juli 2017 - 20:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengungkapkan pernah sewot dengan Universitas Palangka Raya (UPR), terutama untuk program kedokteran UPR. Pasalnya, dia menyayangkan pengelolaan di fakultas 'favorit' tersebut.

Gubernur mengatakan, yang membuat kecewa adalah manajemen penerimaan mahasiswa yang diumbar pengelola. Artinya, semua calon mahasiswa bisa masuk Fakultas Kedokteran asalkan mampu melalui sederet tes, baik calon dari Kalteng maupun luar Kalteng. Kebijakan ini yang dinilai kurang tepat.

'Semua bisa mendaftar masuk di Fakultas kedokteran UPR ini, sementara kita bermaksud membangun fakultas dan mencetak SDM dokter dari kita sendiri. Harusnya prioritaskan putra daerah kita, untuk menyuplai  kekurangan di daerah kita sendiri. Paling tidak 70% banding 30% untuk luar Kalteng,' tegasnya, Minggu (23/7/2017).

Hal inilah yang dianggap melenceng dari semangat semula pendirian fakultas tersebut, yaini mencetak SDM Kalteng agar mampu bersaing termasuk di bidang kedokteran, serta mengisi kekurangan tenaga dokter di daerah-daerah seluruh Kalteng yang setiap tahun mewarnai keluhan masyarakat di 13 kabupaten.

'Kalau yang diterima malah banyak dari Kalsel Kaltim, atau bahkan luar pulau misalnya Sumatera, Bali, Jawa. Mereka ketika lulus ya pasti balik lagi ke daerah asalnya sana. Berbeda dengan inputnya dari Kalteng sendiri, mereka akan tinggal dan mengabdi disini,' pungkas Sugianto. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru