Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng: Kalau Pusat Serius Pindah, Permudah Persiapannya!

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 01 Agustus 2017 - 07:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menyatakan, saat ini masih banyak kendala yang dihadapi pihaknya dalam melakukan pembangunan dan penataan wilayah terlebih persiapan pemindahan ibu kota pemerintahan RI. Kalau Pemerintah Pusat serius wacana pemindahan, seharusnya diimbangi dengan membantu mengurai masalah tersebut.

Sugianto tidak ingin serta merta minta bantu pemerintah pusat, tetapi paling tidak mempermudah urusan saja sudah cukup bagus. Sebab seringkali ia berupaya mengurai masalah namun serasa 'mengemis' di beberapa kementerian terkait.

'Ada banyak hal yang harus diperhatikan pemerintah pusat sebelum menjadikan Kalteng sebagai pusat pemerintahan. Tidak usah jauh-jauh, sekarang kita lihat Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kalteng sampai sekarang belum jelas,' ucapnya saat menerma kunjungan Komisi II DPR RI di Aula Jayang Tingan Kantor Gubernur, Senin (31/7/2017).

Menurutnya, apabila pemerintah serius memindahkan pusat pemerintahan ke provinsi ini, maka segala sesuatu yang selama ini menjadi pemasalah harus dibantu penyelesaiannya. Selama ini, ucapnya, dalam proses menyelesaikan tata ruang pemerintah seakan dipersulit.

'Kami harus mengemis, datang keluar-masuk ke Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan (LHK) untuk menyelesaikan RTWP, padahal yang diharapkan tidak seperti itu. Inilah yang saya maksud, bagaimana permasalahan ini bisa terselsaikan dengan mudah,' lanjutnya.

Wacana pemindahan pusat pemerintahan RI, memang menjadi salah satu poin yang disampaikan Gubernur. Ada sembilan Anggota Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Palangka Raya hingga besok. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru