Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaku Usaha Siap Manfaatkan Peluang Ekspor Cangkang Sawit

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 03 Agustus 2017 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pelaku usaha akan memanfaatkan peluang ekspor dari produksi cangkang sawit tahun ini yang diperkirakan naik 9,5% menjadi 9,2 juta ton.

"Ekspor menjadi terobosan di tengah konsumsi cangkang di dalam negeri yang sebatas untuk bahan bakar boiler," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit Indonesia (Apcasi), Dikki Akhmar, di Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Jepang, menurut Dikki, menjadi incaran utama mengingat negara itu sedang gencar membangun 35 pembangkit listrik tenaga biomassa setelah terjadi tragedi Fukushima.

"Cangkang sawit menjadi target mereka karena dibanding bioenergi lain, seperti wood pellet, wood chip, maintenance-nya dan logistiknya lebih baik. Kalorinya juga lebih baik," papar dia.

Ekspor cangkang ke Jepang tahun lalu mencapai 800.000 ton atau 50% dari total volume pengapalan ke seluruh dunia 1,6 juta ton.

"Secara total, ekspor cangkang kelapa sawit nasional diperkirakan mencapai 1,8 juta ton, atau sekitar 19,6% dari total produksi Indonesia yang ditaksir mencapai 9,18 juta ton pada tahun ini.

Kebijakan energi di Jepang, menurut Dikki, membuka peluang besar bagi ekspor cangkang sawit asal Indonesia. Hal itu menyusul peristiwa gempa Fukushima yang mendorong Pemerintah Jepang saat ini menggencarkan pembangunan pembangkit energi berbahan biomasa. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru