Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PDAM Kotim Perlu Jaringan 135 Km

  • Oleh Naco
  • 07 Agustus 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Peningkatan jaringan PDAM di Kotawaringin Timur (Kotim) untuk memenuhi seluruh pelanggan membutuhkan jaringan baru sepanjang 135 kilometer (km).

"Kita butuh pipa jaringan sepanjang 135 kilometer, itu pipanya terdiri dari berbagai jenis ada yang kecil hingga besar, paling murah yang kecil Rp300 ribu per meter, kalau yang besar harganya lain lagi," kata Direktur PDAM Darma Thirta Kotim, Firdaus Herman Ranggan, Senin (7/8/2017)

Menurut dia, peningkatan jaringan bisa terlaksana jika dialokasikan oleh anggaran pemerintah daerah, karena Pemerintah Pusat sudah membantu peningkatan instalasi pengolahan air baku yang nilainya juga mencapai miliaran rupiah.

Sejauh ini untuk wilayah Selatan jaringan PDAM sudah mencapai di Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Target akan terus dilakukan hingga mencapai ujung Selatan yakni Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit.

"Jika semua itu terlaksana, kebutuhan air masyarakat Kotim akan terakomodir dan aman, karena instalasi pengolahan air baku kita yang saat ini dalam tahap pengerjaan terbesar se-Indonesia," tukas Firdaus.

Pada program tahun lalu menurut Firdaus peningkatan jaringan sudah dilakukan. Namun belum memenuhi kebutuhan saat ini, karena jaringan yang ada hanya mampu memenuhi pelanggan yang sudah lama mendaftar.

Sementara untuk pelanggan baru, menurut Firdaus tidak mampu. "Kecuali ada dana sharing dari pemerintah daerah mungkin bisa memenuhi semuanya," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru