Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Berencana Hilangkan TPS Sampah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 Agustus 2017 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya berencana menghilangkan tempat penampungan sementara (TPS) sampah dan lebih memberdayakan depo-depo sampah.

"Ini untuk mengatur pendistribusian sampah dari rumah tangga hingga ke tempat pembuangan akhir (TPA)," ungkap Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, Sabtu (12/8/2017).

Menurut dia, hal itu dilakukan lantaran pengelolaan sampah di depo dinilai lebih optimal ketimbang TPS.

"Ini program pemerintah dalam mengatasi masalah persampahan di Kota Palangka Raya. Ke depan masyarakat tidak perlu lagi meletakkan atau membuang sampah ke TPS. Namun langsung ke depo agar bisa dikelola secara optimal dan lebih baik sehingga kebersihan semakin terjaga," katanya.

Nantinya tidak ada lagi pengelolaan sampah dari rumah tangga ke TPS. Tetapi langsung dibawa ke depo dengan mengoptimalkan petugas sampah di setiap kompleks perumahan. Depo sampah akan dibuka sekitar pukul 16.00 atau pukul 17.00 WIB. Kemudian masyarakat maupun petugas sampah mulai membuang di waktu tersebut.

"Malam harinya petugas kebersihan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya sudah mulai mengangkutnya. Jika dihitung-hitung hanya lima jam sampah berada di depo. Sampah basah pun belum membusuk dan menimbulkan bau. Di samping itu, di depo sampah dipilah untuk diambil yang masih bisa dimanfaatkan dengan daur ulang," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru