Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Jalan dengan Sistem Biosel Hemat Anggaran hingga 70%

  • Oleh Supri Adi
  • 13 Agustus 2017 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Murung Raya melirik sistem baru pembangunan jalan, yakni biosel. Sebab, sistem pembangunan jalan ini dinilai lebih ekonomis dibandingkan yang sekarang, yakni rigit.

"Bila dihitung biayanya untuk jalan panjang 50 meter diperlukan biaya hingga Rp170 juta dengan rigit. Sedangkan dengan Biosel hanya sekitar Rp20 juta saja atau lebih hemat 70 persen," kata Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Mura, Rio Himbawan, Minggu (13/8/2017).

Rio mengatakan, dengan biosel ini tidak perlu lagi menggunakan kawat baja dalam strukturnya seperti pada sistem rigit. Untuk pembangunannya pun lebih cepat, yaitu bisa mencapai tiga kilometer dalam satu hari.

Sementara ketahanan biosel itu bisa hingga tujuh tahun lamanya, dengan tanah pilihan. Kemudian dalam menahan tegangan tidak akan ke bawah, justu kesamping kiri atau kanan jalan.

"Bulan ini ada direncanakan pihak distributor yang sudah bertaraf Internasional meninjau daerah kita untuk melihat secara langsung kondisi jalan. Tidak hanya itu, direncanakan juga ada dilakukan pilot project untuk percobaan jalan sepanjang 50 meter, dengan mengundang pihak konsultan untuk melihat secara langsung sistem biosel ini," tambah Rio. (SUPRIADI/B-11)

Berita Terbaru