Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Serahkan Beasiswa ke UPR Dengan MoU

  • Oleh Ramadani
  • 18 Agustus 2017 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Barito Utara, Hendro Nakalelo, membantah bahwa pemerintah kabupaten tidak menyalurkan beasiswa untuk mahasiswa Falkultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (FK-UPR).

Pernyataan Hendro tersebut disampaikan untuk menjawab komentar anggota DPRD Barito Utara Taufik Nugraha yang mengungkapkan bahwa pihaknya menerima keluhan dari sejumlah orang tua mahasiswa yang mengatakan anak mereka belum menerima seluruh beasiswa, yakni sebesar Rp125 juta per tahun.

Pernyataan Taufik dan Hendro sama-sama disampaikan saat rapat kerja membahas beasiswa untuk mahasiswa FK-UPR di gedung DPRD Barito Utara, Jumat (18/8/2017).

'Semua pemkab/pemkot di Kalteng menghibahkan dana sesuai dengan permintaan UPR. Hibah harus dilengkapi dengan SPj (surat pertanggungjawaban),' kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Barito Utara.

Hendro melanjutkan, Pemkab Barito Utara menyerahkan dana hibah langsung ke pihak UPR, bukan ke mahasiswa. Pemkab, katanya, berpatokan pada nota kesepahaman atau MoU yang dibuat dengan pihak UPR. MoU tersebut mengatur masalah beasiswa bagi 10 mahasiswa FK-UPR asal Kabupaten Barito Utara.

'Semua dana masuk ke UPR. Apakah mereka kembali ke Barito Utara atau bekerja di daerah lain di Kalteng, kita juga belum mengetahui secara persis,' katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Masdulhaq, mengatakan bahwa pemkab telah mengucurkan dana hibah sebesar Rp5 miliar untuk 10 mahasiswa FK-UPR angkatan 2010, 2011, dan 2012.

Sedangkan kepada dua mahasiswa angkatan 2013, dana dikucurkan mulai tahun anggaran 2014 sebesar Rp55 juta per orang per semester atau Rp110 juta per tahun dan dibiayai sampai dengan 2018.

'Pemkab Barito Utara membiayai 12 mahasiswa FK-UPR untuk empat angkatan,' katanya.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru